RSS

Hidden Curriculum

22 Apr

Istilah hidden curriculum (kurikulum tersembunyi) menunjuk kepada segala sesuatu yang dapat berpengaruh di dalam berlangsungnya pengajaran dan pendidikan, yang mungkin meningkatkan atau mendorong atau bahkan melemahkan usaha pencapaian tujuan pendidikan. Dengan kata lain, konsep hidden curriculum menunjuk pada praktek dan hasil persekolah yang tidak diuraikan dalam kurikulum terprogram atau petunjuk kurikulum kebijakan sekolah.

Hidden curriculum (Kurikulum tersembunyi) dapat dideskripsikan sebagai hasil (sampingan) dari pendidikan dalam latar sekolah atau luar sekolah, khususnya hasil yang dipelajari tetapi tidak secara tersurat dicantumkan sebagai tujuan. Keberadaan kurikuilum tersembunyi ini tidak direncanakan, tidak di programkan dan tidak di rancang tetapi mempunyai pengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap output dari proses belajar mengajar. Sebagai contoh hal-hal yang berhubungan dengan moral seperti sikap dan tingkah laku, penampilan profesional, kemampuan individual, dan apa saja yang melekat pada pribadi sang guru, akan diterima oleh peserta didiknya sebagai rambu-rambu untuk diteladani atau dijadikan bahan pembelajaran.

Dalam hal ini, guru memiliki kesempatan untuk mengembangkan karakter baik siswa memlui teladan dalam hal sikap, tutur kata dan tingkah laku. Hal ini akan sangat efektif karena memberi pengalaman langsung kepada siswa yang melihat sang idola (guru) melakukan sesuatu yang layak untuk dijadikan teladan.

Iklan
 
Komentar Dinonaktifkan pada Hidden Curriculum

Ditulis oleh pada April 22, 2015 in Kurikulum

 

Komentar ditutup.